Perubahan Fonologis Kata-kata Serapan Bahasa Sunda dari Bahasa Arab: Studi Kasus pada Masyarakat Sunda di Jawa Barat, Indonesia

Ahmad Suherman

Abstract


ABSTRAK: Seiring dengan masuknya agama Islam ke Indonesia, termasuk ke daerah Sunda di Jawa Barat, maka ianya mempengaruhi pikiran, perasaan, tingkah-laku, dan segala aspek kehidupan masyarakat Sunda. Kosakata yang berasal dari Bahasa Arab juga kian banyak masuk ke dalam perbendaharaan kosakata Bahasa Sunda, yang selanjutnya tidak dirasakan lagi sebagai kosakata serapan. Penelitian ini berangkat dari suatu hipotesa yang mengungkapkan bahwa sejumlah kosakata dalam Bahasa Sunda yang diserap dari Bahasa Arab diwarnai oleh perubahan fonologis yang ada kaitannya dengan asal-usul bahasa tersebut. Manfaat penelitian ini adalah dengan semakin bertambahnya pendalaman materi, khususnya bidang fonologi, maka akan semakin terungkap betapa berpengaruhnya fonologi dalam kegiatan berbahasa. Akhirnya, opini umum yang mengatakan bahwa lidah orang Sunda itu sulit, bahkan tidak bisa melafalkan berdasarkan fonetik Bahasa Arab, adalah sama sekali tidak benar dan tidak beralasan. Sebab, dalam kenyataannya, ketika orang Sunda “mengaji” kitab suci Al-Qur’an adalah sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, bahkan begitu banyak para qori dan qori`ah yang berasal dari orang Sunda menjadi juara terbaik dalam MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur`an), baik pada tingkat regional maupun nasional, bahkan pada tingkat internasional.

Kata-kata kunci: Fonologi, Bahasa Sunda, Bahasa Arab, proses transliterasi, kegiatan berbahasa, dan serapan bahasa pada masyarakat Sunda.

About the Author: Dr. H. Ahmad Suherman adalah Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Jalan Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154, Jawa Barat, Indonesia. Alamat surat elektronik: h_asuherman@yahoo.co.id  

How to cite this article? Suherman, Ahmad. (2012). “Perubahan Fonologis Kata-kata Serapan Bahasa Sunda dari Bahasa Arab: Studi Kasus pada Masyarakat Sunda di Jawa Barat, Indonesia” in SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.5, No.1 [Mei], pp.21-38. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press owned by ASPENSI, ISSN 1979-0112.

Chronicle of article: Accepted (March 21, 2012); Revised (April 23, 2012); and Published (May 20, 2012).    


Full Text:

PDF

References


Artikel tentang “Bahasa” dalam http://id.wikipedia.org/wiki/bahasa [diakses di Bandung, Jawa Barat, Indonesia: 9 Oktober 2011].

Artikel tentang “Sejarah Bahasa Sunda dan Perkembangannya” dalam http://www.airinrachmidiany.net/pernik/asal-usul/680-sejarah-bahasa-sunda-dan-perkembangannya.html [diakses di Bandung, Jawa Barat, Indonesia: 9 Mei 2011].

Chaer, A. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Crowley, Terry. (1987). An Introduction to Historical Linguistics. Post Moresby: University of Papua New Guinea Press.

Ekajati, Edi S. (2005). Kebudayaan Sunda. Jakarta: Yayasan Pembangunan Jawa Barat.

Garna, Judistira K. (2008). Budaya Sunda. Bandung: Lembaga Penelitian UNPAD [Universitas Padjadjaran].

Hadi, S. (2003). “Perubahan Fonologis Kata-kata Serapan dari Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia” dalam Jurnal Humaniora, Vol.5(2), hlm.121-132. Tersedia juga dalam http://www.docstoc.com/docs/26769879/ [diakses di Bandung, Jawa Barat, Indonesia: 20 Maret 2012].

Hitti, Philip K. (1983). Dunia Arab. Jakarta: Bulan-Bintang, Terjemahan.

Keraf, Gorys. (1997). Linguistik: Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

LBSS [Lembaga Basa dan Sastra Sunda]. (1976). Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Tarate.

Muslich, M. (2010). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakrta: PT Bumi Aksara.

Saifullah, M. (2011). “Perubahan Fonologi Bahasa Arab ‘Amiyyah Dialek Mesir” dalam http://www.infoskripsi.com/Artikel-Penelitian/Perubahan-Fonologi-Bahasa-Arab-Amiyyah-Dialek-Mesir.html [diakses di Bandung, Jawa Barat, Indonesia: 20 Maret 2012].

Suryalaga, Hidayat. (2009). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah.




DOI: https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v5i1.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons

SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan is published by Minda Masagi Press. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

Stats Counter