Lektur Agama Islam: Konsep dan Penanganan Naskah Klasik Nusantara

Titin Nurhayati Ma’mun

Abstract


ABSTRAK: Naskah-naskah keislaman di Nusantara sangat banyak jumlahnya. Dapat diperkirakan jauh lebih banyak dari naskah-naskah lainnya yang ada di Nusantara saat ini. Banyaknya naskah-naskah keislaman di Nusantara dipengaruhi oleh etos budaya tulis yang dibawa oleh peradaban Islam dari jazirah Arab ke Nusantara. Keseriusan dan kejelian para ilmuwan Islam dalam mengkodifikasi berbagai buah pikiran dari masa lalu membuahkan hasil berupa semakin mantapnya bahan bacaan bagi umat Islam yang hadir berikutnya. Adanya spesifikasi keilmuan seperti ilmu tafsir dan bacaan Al-Qur’an, ilmu Hadits, fiqih, ilmu kalam, tasawwuf, ilmu bahasa (nahwu, sharaf, fonologi, dan balaghah), hingga termasuk biologi, fisika, astronomi, dan lain-lain semakin mempermudah para pelajar dalam mendalami bidang ilmu yang diminatinya. Seiring dengan perkembangan keilmuan Islam di berbagai belahan dunia lainnya, keilmuan Islam juga berkembang di Nusantara sehingga menumbuhkan banyaknya karya-karya keislaman. Teks di dalam naskah-naskah keislaman di Nusantara ada yang berupa salinan, saduran, dan adapula yang otograf. Naskah-naskah tersebut perlu dikaji melalui dua tahap, yakni tahap filologi dan tahap analisis terhadap isi dengan tanpa mengabaikan yang satu dari yang lainnya. Keseriusan penanganan naskah klasik keagamaan tidak hanya dipertaruhkan pada perhatian para filolog saja, tetapi juga perhatian para cendekiawan Muslim pada umumnya, dan – jika mungkin – dapat saja melibatkan beberapa pihak lainnya. Kerja bersama di antara beberapa pihak ini diharapkan akan mampu menyelesaikan persoalan naskah klasik keislaman, dari mulai penanganan naskah dan pernaskahan hingga penggalian kandungan isinya.

KATA KUNCI: Nusantara, naskah Islam, spesifikasi keilmuan, kajian filologi, dan analisis isi naskah.

About the Author: Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun adalah Dosen pada Program Studi Filologi Pascasarjana UNPAD (Universitas Padjadjaran), Jalan Bandung-Sumedang Km.15 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Alamat emel: titin_makmun@yahoo.co.id

How to cite this article? Ma’mun, Titin Nurhayati. (2011). “Lektur Agama Islam: Konsep dan Penanganan Naskah Klasik Nusantara” in ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, Vol.1(1) Juni, pp.75-90. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press owned by ASPENSI in Bandung, ISSN 2088-1290.

Chronicle of the article: Accepted (April 17, 2011); Revised (May 27, 2011); and Published (June 5, 2011).


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaruzzaman B. (2002). Islam Historis: Dinamika Studi Islam di Indonesia. Yogyakarta: Galang Press.

Al-Asnawy. (1998). Thabaqat as-Syafi’iyyah, Juz IV. Mesir: Dar al-Ma’arif.

al-Baqi, Muhammad Fuad Abd. (1981). Mu’jam al-Mufahras li alfadz al-Qur’an al-Karim. Beirut: Daar al-Fikr.

al-Jabiri, Muhammad Abid. (1989). Takwin al-’Aql al-’Arabi. Beirut: Markaz Dirasat Wihdah al-Arabiyyah.

al-Ghazali, Abu Hamid. (1985). Jawahir al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya al-’Ulum.

al-Ghazali, Abu Hamid. (1989). Ihya ’Ulum ad-Din. Beirut: Dar al-Fikr.

al-Qurthubi, Abu ‘Abdullah. (1985). Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an: Tafsir al-Qurthubi. Beirut: Dar Ihya at-Turats al-‘Arabi.

Arkoun, Muhammad. (1999). Membongkar Wacana Hegemonik. Surabaya: Al-Fikr.

as-Shabuni, M. Ali. (2001). Shafwat at-Tafasir, Juz III. Beirut: Dar al-Fikr.

Depag RI [Departemen Agama Republik Indonesia]. (2000). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI [Republik Indonesia].

Ekadjati, Edi S. & Undang A. Darsa. (1999). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5A: Jawa Barat Koleksi Lima Lembaga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fakhry, Majid. (2001). Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis. Bandung: Mizan.

Hanafi, Hassan. (1989). Ad-Din wa as-Sawrah fi Mishr, 1952-1981. Kairo: Maktabah Madbuli.

Jazamuddin, Baharuddin. (1969). Katalog Naskah-naskah Lama Melayu di dalam Simpanan Museum Pusat Jakarta. Kuala Lumpur, Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Madjid, Nurcholish. (1998). ”Islam, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi”. Makalah disampaikan pada salah satu seminar di IAIN [Institut Agama Islam Negeri] Sunan Gunung Djati Bandung.

Ma’mun, Titin Nurhayati. (2008). Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Naskah Sunda: Suntingan Teks dan Kajian Struktur. Bandung: Risalah Press.

Mardimin, Johanes. (1994). Jangan Tangisi Tradisi. Yogyakarta: Kanisius.

Mudzhar, M. Atho. (1998). Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujib et al. (2006). Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran Kyai di Era Pertumbuhan, Perkembangan, dan Keemasan Pesantren, 3 Jilid. Jakarta: Diva Pustaka.

Nasr, Sayyed Hossein. (1983). Islam dan Nestapa Manusia Modern. Bandung: Penerbit Pustaka.

Nasution, Harun. (1985). Islam Ditinjau dari Segala Aspeknya, Jilid I. Jakarta: UI [Universitas Indonesia] Press.

Panuju, Redi. (2001). Komunikasi Organisasi dari Konseptual-Teoretis ke Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Poerwananta et al. (1987). Seluk-Beluk Filsafat Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Republika [surat kabar]. Jakarta: 24 Maret 2009.

Sangidu. (2003). Wachdatul Wujud: Polemik Pemikiran Sufistik antara Hamzah Fansuri dan Syamsuddin as-Samatrani dengan Nuruddin ar-Raniri. Yogyakarta: Gama Media.

Sutaarga, Amir et al. (1972). Katalogus Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Nasional Kebudayaan Nasional, Direktorat Jendral Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Van Ronkel, Ph.S. (1909). ”Catalogus der Maleische Hanschriften in het Museum van Het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen” dalam Verhandelingen van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, LVII.




DOI: https://doi.org/10.2121/atikan-journal.v1i1.107

DOI (PDF): https://doi.org/10.2121/atikan-journal.v1i1.107.g107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats